Yuk Intip Fakta Unik Kepulauan Raja Ampat Di Sini!

Indahnya alam Indonesia Timur, khususnya lokasi wisata Kepulauan Raja Ampat tak lagi perlu diragukan. Hal ini terbukti dengan ketenarannya di penjuru dunia, dan berhasil menarik wisatawan mancanegara dari berbagai belahan Bumi.

Tapi tahukah Anda di balik indahnya alam Raja Ampat ini, ada fakta unik yang jarang diketahui publik secara luas?

Well agenda berwisata tak melulu hanya soal senang-senang, pemandangan, dan bersantai sepanjang waktu. Tak ada salahnya juga Anda sedikit belajar mengenai fakta unik kepulauan Raja Ampat yang siapa tahu akan memberikan insight baru untuk Anda.

Maka berikut kami sajikan beberapa fakta unik, yang mungkin sebelumnya belum Anda ketahui. Simak selengkapnya dalam beberapa poin singkat berikut ini!

Raja Ampat Adalah Kepulauan yang Besar

Mungkin banyak yang mengetahui bahwa Raja Ampat merupakan satu lokasi wisata yang sangat indah dan jadi tujuan wisata dunia. Namun apakah Anda juga mengetahui bahwa Raja Ampat berbentuk kepulauan yang ukurannya tidak kecil?

Kepulauan Raja Ampat sendiri terdiri dari setidaknya 1,500 pulau kecil yang tersebar, dengan empat pulau utama yang jadi ‘jangkar’-nya. Pulau Misool, pulau Salawati, pulau Batanta, dan pulau Waigeo. Sebagai tambahan pulau yang cukup besar dan juga terkenal, adalah pulau Kofiau.

Empat pulau besar tadi juga adalah inspirasi dari penamaan Raja Ampat sendiri, yang menurut bahasa asli di sana berarti empat raja. Keempat pulau besar tersebut dilambangkan sebagai empat raja yang duduk di tahta mewah, yang dianugerahi kekayaan alam luar biasa.

1,508 Spesies Ikan dan 537 Jenis Karang

Kekayaan alam yang dimiliki kepulauan Raja Ampat bukanlah sekedar predikat tanpa bukti nyata. Jika ditelisik lebih jauh, pada perairan di kepulauan ini setidaknya adalah lebih dari 1,500 jenis spesies ikan, dan lebih dari 530 jenis karang.

Ini artinya, sebanyak 75% jenis karang dunia ada di kepulauan yang indah tersebut. Tak berlebihan bukan jika kemudian predikat sebagai lokasi dengan jenis karang terbanyak juga jatuh pada kepulauan ini?

Perpaduan keindahan alam yang ada di dalam laut, yang berbentuk biota, kemudian dipadukan dengan kearifan lokal dalam merawat kelestariannya. Masyarakat sekitar memiliki tradisi ketat dalam menjaga kebersihan laut yang mereka miliki, sehingga sampai saat ini perairan Raja Ampat masih cukup jernih untuk Anda nikmati dengan mata telanjang.

Rumah untuk 3 Koloni Besar Ubur-Ubur

Di perairan salah satu pulau, tepatnya pulau Misool, terdapat keunikan yang tidak dimiliki perairan lain. Perairan pulau Misool menjadi rumah untuk 3 koloni besar ubur-ubur, yang semuanya berenang bebas di area laut pulau tersebut.

Tentu saja ini akan jadi pengalaman mengesankan tersendiri yang tidak didapatkan di tempat lain. Pasalnya, ubur-ubur ini terlihat sangat indah saat dilihat dari bawah air. Meski demikian, Anda tetap harus waspada ya saat berenang di sana, sebab bisa jadi Anda terkena sengatnya dan membuat Anda merasakan iritasi.

Anda bisa menggunakan jasa dari pemandu wisata yang ada di sana guna mendapatkan spot berenang atau menyelam terbaik. Guide ini juga akan membantu menjaga keamanan Anda selama Anda berenang bersama ubur-ubur cantik di sana.

Hidden Gem yang Sesungguhnya

Tahukah Anda bahwa kepulauan Raja Ampat ditemukan secara ‘tidak sengaja’? Hal ini mengacu pada sejarah yang menuliskan bahwa penemuan kepulauan indah ini pada tahun 1990 mulanya adalah ekspedisi untuk melakukan pencarian keberadaan kapal dan pesawat saat Perang Dunia II.

Adalah Max Ammer, seorang penyelam asal Belanda yang berhasil ‘menemukan’ keindahan bawah laut dari kepulauan Raja Ampat ini. Setelah melihat keindahan ini, kemudian ia mengutarakan penemuannya pada pihak terkait. Hingga saat ini, Raja Ampat menjadi sangat besar dan daya tarik wisata di area Timur Indonesia.

Tempat Wisata yang Wisatawannya Dibatasi

Cukup aneh dan unik, bahwa kepulauan Raja Ampat juga dikenal dengan pembatasan jumlah wisatawan yang hadir dalam satu waktu yang sama. Tapi bukankah justru hal ini merugikan karena pendapatan yang diperoleh akan berkurang?

Concern yang dimiliki masyarakat adalah bawah keindahan Raja Ampat harus dikelola dengan baik agar bisa bertahan lama. Pembatasan jumlah wisatawan ini dilakukan agar alam bisa terus bertahan dengan siklus alaminya, sehingga tidak terganggu dengan kehadiran terlalu banyak manusia pada satu waktu yang sama dan terus menerus.

Kepulauan Raja Ampat memang menjadi daya tarik tak terbantahkan untuk siapa saja yang tengah melirik wisata di Indonesia Timur. Keindahan yang absolut, dipadukan dengan kearifan warga lokal yang luar biasa, menjadikannya tak hanya indah secara visual, namun sangat menentramkan secara psikis.

Untuk mencari informasi lebih banyak terkait wisata di kepulauan Raja Ampat Anda bisa dengan mudah mengklik situs resmi Indonesia Travel. Di sana tersedia banyak sekali artikel terkait wisata Raja Ampat, dan wisata Indonesia secara umum. Disampaikan dengan menarik dan informatif, itinerary Anda akan tersusun dengan sangat sempurna!

Leave a Comment