Tips Memotong Bawang Merah agar Tidak Menangis

Bagi sebagian orang, memotong bawang khususnya yang berjenis merah, menjadi masalah cukup menyebalkan karena bisa membuat mata berair. Bahkan jumlah air yang keluar dari mata mengalir begitu saja seperti sedang menangis. Bawang merah memang dikenal begitu ganas sehingga bikin orang nangis saat memotongnya.

Bawang mengandung Sulfoksida dan sintase. Kedua komponen kimia ini akan saling mengikat dan menghasilkan gas yang membuat mata pedih. Apakah ada cara untuk mengatasi rasa perih pada mata sehingga mengeluarkan air saat memotong bawang ini? Mari kita simak bersama!

Cara Hindari Drama Menangis Saat Mengiris Bawang Merah

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa bawang merah selalu berhasil buat pemotongnya menangis tersedu-sedu. Cara apakah yang bisa dilakukan agar mata tidak keluarkan air saat memotong dan mengupas bawang?

1. Pakai Pisau Tajam

Kondisi pisau sebagai alat pemotong bawang ternyata memiliki peran penting dalam memberikan dampak pada pedasnya mata. Sangat disarankan menggunakan pisau tajam saat memotong bawang merah.

Pisau tumpul akan memberikan gesekan lebih banyak pada bawang sehingga akan berpengaruh pada rasa pedih di mata.

Pisau tajam akan lebih mempermudah bawang terkelupas sehingga menghindari gesekan lebih banyak. Ditambah lagi, kalau menggunakan pisau tajam, pekerjaan memotong bawang akan lebih cepat selesai dan segera terhindar dari rasa pedih yang menimbulkan keluarnya air mata.

2. Manfaatkan Semprotan Cuka

Rasa pedih di mata akibat memotong bawang merah dapat diminimalisir dengan menggunakan cuka. Semprotkan cuka pada talenan dan potong bawang dengan aman dan tenang tanpa rasa perih. Pasalnya, cuka mengandung zat yang bisa menekan kandungan belerang pada bawang.

3. Rendam Dulu dengan Air Es

tips selanjutnya agar mata tidak pedih dan terhindar dari drama menangis saat memotong bawang adalah dengan merendamnya terlebih dahulu pada air es. Kupas bawang terlebih dahulu lalu cuci bersih. Kemudian, rendam bawang dalam air es selama 5 menit lalu iris seperti biasa.

Selain merendam dalam air es, Anda bisa juga menyimpan bawang merah terlebih dahulu di lemari es. Tujuannya untuk meredam zat kimia yang menyebabkan mata pedih agar tidak menyebar saat memotong bawang.

Setelah beberapa saat diletakkan dalam lemari es, langsung potong bawang supaya sintase dan sulfoksida tidak lagi saling mengikat dan menimbulkan perih di mata.

4. Jangan Potong Ujung Bawang

Agar terhindar dari mata pedih sehingga menimbulkan efek menangis, disarankan untuk tidak memotong ujung bawang. Setelah selesai memotong bagian lainnya, baru ujungnya dipotong.

Pada ujung bawanglah tersimpan zat penyebab mata pedih tersimpan. Namun sebenarnya, langkah ini tidak terlalu efektif dan membuang banyak waktu.

5. Gunakan Kipas Angin Saat Memotong Bawang

Proses mengiris bawang merah cukup dihindari bagi sebagian ibu rumah tangga. Namun kalau tidak diiris, siapa dong yang akan melakukannya.

Mau tidak mau akhirnya pekerjaan memotong bawang harus dilakukan. Untuk menghindari mata pedih sehingga mengeluarkan air mata, coba gunakan kipas angin saat mengiris bahan masakan berbentuk bulat ini.

6. Memanfaatkan Garam untuk Menetralisir Rasa Perih

Tips selanjutnya yang bisa dipraktekkan di rumah adalah dengan menggunakan garam. Taburkan garam pada talenan untuk meminimalisir rasa pedih di mata saat mengiris bawang.

Walaupun tidak 100% mampu menghilangkan rasa pedih di mata, setidaknya tips yang sudah diberikan mampu meringankan efek menusuk dari zat sulfoksida dan sintase pada bawang.

Jangan lupa untuk selalu memilih bahan masakan berkualitas termasuk bawang di Tanihub. Selain bawang merah, di TaniHub juga menjual buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako.

Untuk belanja di TaniHub Anda bisa langsung ke websitenya di https://TaniHub.com atau download aplikasinya di Playstore dan AppStore. Selamat berbelanja 😊

Leave a Comment