Mengenal Aplikasi Inventory: Manfaat dan Tips Pengelolaan yang Wajib Diketahui

Setiap perusahaan pasti membutuhkan sistem pengelolaan barang. Hadirnya aplikasi inventory dalam sistem pergudangan, tentu memberikan tawaran kemudahan dalam pengelolaannya. Setiap perusahaan tentunya selalu memiliki gudang yang berkaitan erat dengan mobilitas barang perusahaan.

Hal tersebut sangat mempengaruhi pendapatan serta pengeluaran barang. Oleh karenanya, pengelolaan pergudangan membutuhkan perhatian, ketelitian, dan keteraturan secara khusus. Kemajuan teknologi digital telah menghadirkan berbagai inovasi yang memudahkan kinerja manusia. Tidak luput dari perhatian para pengembang software, aplikasi inventory hadir atas keresahan pengelolaan sistem pergudangan manual yang rawan akan terjadi kesalahan.

Aplikasi pergudangan dirancang untuk memudahkan pekerjaan di bagian pergudangan. Lalu apa pengertian dari aplikasi inventory? Manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi pergudangan ini? Serta bagaimana tips pengelolaannya? Simak ulasan berikut ini.

Apa Pengertian Aplikasi Inventory?

Apabila dirunut secara harfiah, pengertian aplikasi merupakan perangkat lunak atau software yang dikembangkan dengan tujuan pembuatannya. Sedangkan, inventory adalah persediaan dari sebuah perusahaan. Sehingga, pengertian secara keseluruhan aplikasi inventory adalah perangkat lunak untuk persediaan dari sebuah perusahaan.

Banyak pengusaha yang telah memanfaatkan software sistem pergudangaan untuk membantu menangani berbagai aspek pengelolaan gudang. Sistem dari aplikasi ini membantu pengaturan ketersedian dan mobilitas logistik.

Sebagai pebisnis, ataupun pengelola usaha, tentunya sistem pengelolaan pergudangan perlu diperhatikan. Hal ini bertujuan, agar bisnis tetap lancar dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.  Sehingga profit perusahaan akan bertambah.

Apabila sebuah perusahaan tidak memiliki sistem pergudangan yang baik, dapat dipastikan pengelolaanya akan mengalami banyak kendala dan kesulitan. Aplikasi pergudangan membantu dan mempermudah Anda dalam mengelola kebutuhan bisnis.

Apa Manfaat Menggunakan Aplikasi Inventory?

Secara garis besar, adanya sistem pergudangan membantu Anda mengelola jumlah persediaan, secara optimal dengan biaya minimal.  Berbagai barang yang tersedia di gudang, seperti bahan baku, bahan setengah jadi, suku cadang, ataupun barang jadi, tidak akan luput dari pendataan aplikasi inventory.

Apapun bidang bisnis Anda bergerak, entah itu di bidang F&B, fashion, tekstil, ataupun bangunan, tentunya membutuhkan sistem pergudangan. Terlebih lagi untuk bisnis F&B yang memiliki masa kedaluwarsa. Apabila manajemen pergudangan tidak dikelola dengan baik, tentunya akan berakibat fatal. Perusahan Anda akan mengalami banyak kerugian.

Sebagai upaya menghindari kerugian tersebut, aplikasi inventory menjadi solusi terbaik untuk membantu pengelolaan pergudangan Anda. Manfaat menggunakan aplikasi pergudangan ini cukup banyak dan berdampak signifikan pada pengelolaan gudang. Contoh konkritnya adalah berikut ini.

1.      Mempermudah Pemantauan Persediaan

Bagi Anda yang memiliki bisnis retail, aplikasi pergudangan akan sangat membantu dalam pemantauan persediaan stok barang. Dengan menggunakan teknologi fitur scan barcode, Anda akan sangat terbantu. Hal tersebut dikarenakan barcode menandai setiap barang dengan kode unik.

Kode unik tersebut, akan membantu Anda untuk mengetahui total jumlah barang dalam satu paket sekaligus tanggal kedalwuarsa. Tentunya informasi tersebut sangat membantu dalam hal pengecekan stok barang yang tersedia.

2.      Membuat Laporan dengan Akurat

Dalam mengelola bisnis, dibutuhkan laporan dengan data-data yang akurat. Pencatatan data seperti dalam satu hari berjualan, barang apa saja yang telah habis terjual, tidak terjual sama sekali, total jumlah barang yang terjual, ataupun total jumlah pendapatan dalam satu hari.

Keakuratan data tersebut tentunya sangat berpengaruh dalam perhitungan strategi bisnis selanjutnya. Penghitungan laporan yang akurat akan membantu dan mempermudah pebisnis untuk mencapai tujuannya.

Berbeda dengan sistem pergudangan manual yang memiliki banyak celah kekurang. Aplikasi inventory sangat membantu dalam membuat laporan dengan data-data yang akurat.

3.      Memiliki Efisiensi Waktu

Salah satu aktivitas yang biasa dilakukan dalam pergudangan adalah stock opname. Pada aktivitas ini, tentunya akan memerlukan banyak waktu dan menghabiskan banyak biaya. Terlebih lagi, apabila aktivitas stock opname dilakukan di beberapa gudang besar dan menyimpan ribuan stok barang.

Aplikasi inventory akan mempersingkat waktu kerja, namun tetap memberikan hasil yang akurat. Sehingga pekerjaan yang semula dilakukan secara manual terasa lama, melelahkan, dan membosankan akan terasa ringan dan menyenangkan dengan bantuan teknologi ini.

4.      Meningkatkan Profit, Meminimalisasi Pengeluaran

Manfaat dari penggunaan aplikasi ini sudah banyak dibuktikan banyak pebisnis. Biaya yang dikeluarkan untuk software sistem pergudangan akan sebanding dengan segala kemudahan dan keuntungan yang didapatkan.

Apabila aplikasi ini dioptimalkan dalam jangka panjang Anda akan menyadari, bagaimana teknologi sistem pergudangan membantu meningkatkan profit dan mampu meminimalisasi pengeluaran.

Mengingat semakin majunya perkembangan teknologi dunia saat ini, aplikasi inventory menjadi salah satu aspek penting yang patut dipertimbangkan dalam mengelola bisnis.

5.      Memiliki Notifikasi Peringatan Stok Barang Menipis

Ketersedian barang menjadi hal pokok untuk melayani kebutuhan pelanggan. Apabila stok barang di gudang kosong tanpa di sadari pengelola, tentunya hal tersebut menjadi kesalahan fatal pengelola. Kekosongan stok barang akan berdampak kurangnya laba dan memberikan pengalaman yang kurang menyenangkan pada pelanggan.

Sistem canggih dari aplikasi inventory yang telah dirancang sedemikian rupa, mampu mengantisipasi stok barang yang telah menipis. Adanya notifikasi peringatan stok barang yang yang menipis (low stock notification) akan membantu Anda untuk menyesuaikan ketersedian barang agar tidak over purchasing.

Apa Tips Mudah dalam Pengelolaan Aplikasi Inventory?

Tidak hanya stock opname dan pencatatan permintaan dan pengeluaran barang di gudang saja. Sistem pergudangan juga meliputi pencatatan produk yang dijual, harga jual produk tersebut, harga produk yang di terima kembali dan juga harga pokok persediaan.

Demi kelancaran dan kemajuan perusahaan, sistem pengelolaan pergudangan haruslah dikelola sebaik mungkin. Aplikasi inventory hadir dengan menawarkan berbagai kemudahan pengelolaan operasional namun tetap memiliki hasil yang sangat akurat.

Efisiensi waktu dan keakuratan data yang dihasilkan aplikasi ini tentu akan mempercepat mobilitas manajemen perusahaan ke berbagai sektor. Tips mudah pengelolaan aplikasi pergudangan, yaitu dengan menggunakan aplikasi inventory mekari.com. Pengelolaan akan terasa lebih mudah dan praktis.

Mekari dapat menjadi solusi terpercaya dari permasalahan Anda dalam pengaturan inventory berbagai produk bisnis. Tidak hanya satu gudang saja, dengan menggunakan aplikasi mekari Anda dapat mengelola inventory untuk multi-gudang.

Kelebihan aplikasi inventory ini sangatlah banyak. Anda dapat memantau inventory bisnis kapan saja dan di mana saja. Hal tersebut dikarenakan, aplikasi ini berbasis web online yang bisa Anda akses secara realtime.

Penggunakan fitur smart product bundle dan smart inventory untuk multi gudang sangat membantu para pebisnis besar agar dapat membuat penawaran bundling dengan mudah. Cukup dengan menggunakan aplikasi inventory, Anda akan dimudahkan dalam pengelolaan pergudangan bisnis.

Demikian ulasan singkat mengenai pengenalan aplikasi inventory, manfaat, serta tips mudah mengelola inventory. Kehadiran aplikasi ini dapat dipastikan akan berdampak besar terhadap perkembangan bisnis Anda. Jumlah yang Anda keluarkan untuk menggunakan aplikasi inventory ini tidaklah seberapa, apabila dibandingkan dengan jumlah profit yang akan Anda dapatkan dengan bantuan aplikasi inventory.

Sistem aplikasi pergudangan ini memang dirancang khusus untuk pengelolaan gudang yang profesional, efektif, dan efisien. Semoga artikel ini, bagi pebisnis yang ingin memperbaiki sistem pergudangan.

Leave a Comment