July 28, 2021

Referensience

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Cara Mengajarkan Anak Tentang Agama Yang Perlu Anda Ketahui

3 min read

Anak merupakan sebuah amanah yang telah dititipkan tuhan kepada setiap manusia, mempunyai anaka dengan budi pekerti yang baik adalah keinginan setiap para orang tua, segala banyak cara dilakukan untuk mendidik anak menjadi pribadi yang baik kelak kedepanya. Di usia dini adalah cara tepat untuk mengenalkan anak tentang perilaku yang baik, daya ingat anak di usia dini lebih mudah mengingat hal ini karena di usia dini anak mempunyai daya ingat yang tinggi. Pada masa anak berumur dibawah 5 tahun adalah masa anak masi dalam proses berkembang dan perlu perhatian dari orang tua, peran orang tua dalam proses perkembangan anak sangat penting karena karakter anak kedepanya tergantung tentang bagaimanah didikan anak ituĀ  pada waktu kecil.

Dalam megajrkan anak yang masih kecil anda harus mengajarkannya dengan sabar dan tekun, karenan pada masa itu nak masih senang dengan waktu bermain dan anda tidak boleh memaksa anak secara berlebihan karena akan berdampakĀ  buruk pada psikis anak anda nantinya. Salah satu hal yang perlu anda ajarkan pada anak saat masih berusia dini adalah tentang agama, jika anda beragama islam pendidikan yang perlu anda ajarkan adalah tentang pengenalan tentang segalah kewajiban orang islam diantaranya adalah solat. Solat merupakan kewajiban yang wajib dilakukan saat sudah dewasa dan sudah mengerti mana yang salah san benar, jika masi anak-anak dengan usia yang masih kecil maka tidak diwajibkan akan tetapi perlu untuk diajarkan, dalam proses pembelajaran harus secara bertahap agar belajar dengan senang dan tidak tertekan. Adapun tahap pembelajaran agama pada anak yang perlu anda perhatikan diantaranya

  • Memberikan pemahaman yang mudah dimengerti
  • mengajak anak solat berjamaah
  • memberi peratalan religius
  • memberi permainan yang berhubungan dengan nilai religious

1. memberikan pemahamn yang mudah dimengerti

pada masa usia dini sulit untuk memahami hal-hal yang sulit untuk dimengerti, hal itu membuat anak pada usia dini tidak tepat jika diajrkan bentuk hal-hal yang sulit dicernah akal pikiran anak usia dini.

2. Mengajak anak solat berjamaah

Jika anda ingin melakukan solat maka akan lebih baik jika mengajak anak solat, anak di usia dini biasanya akan mudah memhami apa yang dilihatnya, maka dengan mengajak anak solat berjamaah anak akan melihat sekelilingnya dan nantinya akan mengikuti dengan sendirinya.

3. Memberi peralatan religius

Hal yang perlu diperhatikan saat ingin mengajarkan tentang hal-hal yang bersifat religius pada anak diantaranya adalah anda harus memberikan peralatan atau barang-barang yang nantinya bisa digunakan anak untuk mendukung pembelajaran pada anak diantaranya sajadah, kopyah, dan segalan peraltan lainya. Pada proses pembelajaran khusunya dalam hal solat sudah banyak kemudahan yang diciptakan, salah satu produk yang bisa memudahkan proses pembelajaran pada waktu solat adalah dengan adanya sajadah pintar. Sajadah ini dilengkapi dengan sensor gerakan solat yang akan memudahkan anak memhami tat cara solat yang benar, salah satu produk sajadah pintar ini bernama olike smart sajadah, sebuah produk sajadah yang dikhususkan untuk sistem pembelajaran dan tata cara melakukan solat yang benar.

4. Memberi permainan yang berhubungan dengan religius

Dimasa sekarang sudah banyak segalah bentuk kecanggihan teknologi salah satunya adalah banyaknya aplikasi yang diciptakan untuk pembelajaran anak yang masih berusia dini diantaranya adalah tentang game tajwid dan pengenalan huruf hijaiyah atau tentang game lainya. Anda bisa bisa memanfaatkan game tersebut untuk membantu anak dalam mengenal tentang berbagai pengetahuan yang berhubungan dengan agama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.