6 Cara Membuat Password Aman Dan Tidak Mudah Diretas Hacker

Saat membuat akun e-mail, sosial media, mobile banking/web banking Anda biasanya akan diminta untuk membuat username dan password. Tujuan adanya password untuk melindungi akun-akun Anda supaya tidak dibobol dan disalahgunakan oleh orang lain. Nyatanya masih sering ditemukan kasus-kasus kejahatan di dunia maya yang berhasil meretas kata sandi di e-mail atau akun Anda yang lain. Hal ini tentu saja mengkhawatirkan karena cyber crime tidak hanya tentang pencurian information saja namun juga bisa melebar ke scamming. Nah, agar akun-akun Anda aman dari serangan hacker, perhatikanlah cara membuat password yang kuat berikut ini.

Cara Membuat Password yang Aman dan Kuat

Membuat kata sandi untuk akun e-mail atau akun online yang lain memang mudah, namun Anda juga tidak boleh asal-asalan dalam membuatnya. Apalagi kejahatan di dunia maya sekarang juga semakin berkembang. Banyak sekali ditemukan kasus pencurian data hingga pembobolan kartu kredit yang dilakukan orang hanya dengan keahlian meretas jaringan.

Tentu saja Anda harus berhati-hati agar tidak menjadi salah satu korbannya. Nah disini pemilihan kata sandi yang benar dan kuat bisa jadi salah satu cara untuk menghindari ulah iseng para hacker. Lalu bagaimana cara membuat password yang kuat. Simak beberapa tipsnya berikut ini.

Buat Password dengan Panjang Karakter Maksimal

Password umumnya harus berisi minimal 6 karakter dan maksimal 8 karakter. Agar password Anda terbilang aman maka gunakanlah password yang panjang. Kata sandi yang panjang ini pun tidak boleh dibuat sembarangan atau asal-asalan. Perhatikan juga abjad huruf atau angka yang Anda pakai. Hindari untuk memakai huruf yang berurutan, begitu pula dengan angka.

Jadi selain password yang panjang, gunakan huruf secara acak atau angka yang tidak berurutan, bisa juga dengan memakai kombinasi angka dan huruf. Pastikan kata sandi yang Anda buat mudah untuk diingat ya, karena apabila Anda lupa password e-mail misalnya, akan sedikit repot untuk mengembalikannya.

Hindari Penggunaan Informasi Pribadi

Agar mudah dalam mengingat sebuah kata sandi, ada beberapa orang yang menggunakan informasi sebagai password-nya. Cara ini justru salah dan bisa saja berakibat deadly serta merugikan Anda. Penggunaan informasi pribadi seperti nama, tanggal lahir, username, dan alamat e-mail pada kata sandi justru akan jadi sasaran empuk hacker untuk membobol akun Anda. Oleh sebab itu usahakan untuk tidak membuat kata sandi yang berisi berbagai informasi pribadi tersebut atau akun Anda yang jadi taruhannya.

Memakai Simbol-simbol Unik

Jika ingin password dengan jaminan aman dan kuat, bubuhkanlah simbol-simbol unik pada beberapa karakter di dalamnya. Tidak harus banyak, Anda bisa menyelipkan satu atau dua simbol unik agar kata sandi Anda susah untuk diretas. Cara ini cukup efektif karena pelaku kejahatan dunia maya perlu berpikir keras agar bisa masuk ke akun pribadi Anda.

Namun, Anda mungkin juga akan sedikit kesulitan dalam mengingat-ingat kata sandi Anda sendiri. Jadi jika kata sandi Anda terdiri dari simbol unik, buatlah catatan kecil pada buku atau note di ponsel pintar Anda.

Gunakan Kata yang Tidak Bisa Dibaca

Selain informasi pribadi, sebagian orang juga memakai kata-kata yang mudah dibaca dalam pembuatan kata sandi. Misalnya saja bacabuku atau anakmipa yang susunan hurufnya menjadi rangkaian kata yang bisa dibaca. Password dengan contoh seperti itu juga akan mudah dilacak oleh hacker. Jadi, jika Anda menggunakan kata-kata yang sejenis seperti itu pada kata sandi, segera ubah dengan huruf yang acak dan tidak bisa dibaca, misalnya bdskdlou atau errsskkhh.

Kombinasi Huruf Besar

Cara membuat password yang seratus persen sangat aman dan kuat adalah dengan menggabungkan perpaduan huruf, angka, serta simbol-simbol unik. Huruf yang dipakai pun ada yang huruf besar dan sebagian huruf kecil. Jika terjadi kesalahan saat mengetikkan salah satu karakter saja dalam kata sandi, Anda pemilik akun pun tidak bisa login ke akun sendiri. Tentu saja kata sandi dengan kombinasi seperti itu akan semakin menyulitkan penjahat dunia maya untuk melancarkan aksinya.

Pakai Kata Sandi yang Berbeda pada Tiap-tiap Akun

Setiap akun yang dibuat secara on-line kini membutuhkan pembuatan kata sandi. Agar gampang dalam mengingatnya Anda mungkin membuat kata sandi yang sama pada semua akun-akun Anda. Ternyata hal ini juga bisa jadi boomerang tersendiri lho.

Bayangkan jika hacker berhasil meretas salah satu akun milik Anda. Selanjutnya akan lebih mudah baginya untuk membobol akun yang lain karena kata sandi yang Anda pakai semuanya sama. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, buatlah password yang berbeda pada akun-akun Anda.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda coba tentang cara membuat password yang aman dan kuat. Perkembangan zaman yang semakin maju juga membuat pelaku kejahatan semakin kreatif dalam melakukan tindak kriminal di dunia maya. Jadi Anda harus berhati-hati dalam melakukan berbagai aktivitas di dunia maya terutama yang ada hubungannya dengan aplikasi pembayaran.