5 Trik Praktis Cara Jualan Online Agar Cepat Laku Dan Laris Manis

Tahukah anda bagaimana sih cara jualan online agar cepat laku? Bagi kebanyakan pelaku bisnis online pemula, berjualan online dianggap sebagai usaha yang butuh modal besar dan kemampuan di bidang internet. Akibatnya, banyak yang bingung dalam menjalankan bisnis online.

Menjalankan bisnis secara online belakangan makin banyak dipilih dan dijalankan orang. Lihat saja banyaknya toko online yang bermunculan di web. Mereka pun menawarkan beragam jenis produk, dari pakaian, hijab, makanan ringan, aksesoris HP, hingga peralatan rumah tangga.

Namun sayangnya, tak sedikit dari mereka yang juga cepat gulung tikar. Penjualan yang rendah ataupun sepinya kunjungan konsumen menjadi penyebab utama kegagalan usaha online yang mereka jalankan.

Tahapan Cara Jualan Online Agar Cepat Laku

Menjalankan bisnis online pada dasarnya tidak berbeda dengan bisnis secara offline. Hanya saja, faktor harga sangat sensitif bagi masyarakat yang sering belanja secara online. Selisih harga Rp 10 saja bisa membuat produk jualan Anda tidak laku.

Apalagi membandingkan harga antara online shop atau lapak di marketplace begitu mudah. Karena itu penting menetapkan harga jual yang bersaing. Nah, berikut ini beberapa trik praktis cara jualan online agar cepat laku dan laris manis yang sebaiknya diperhatikan.

1. Memilih Barang Jualan

Pada dasarnya semua jenis barang akan laku dijual secara online. Namun tak sedikit pelaku bisnis yang memilih produk populer yang memang banyak dicari dan dibeli orang. Seperti produk fashion, makanan, atau gadget.

Padahal, namanya produk populer tentunya yang berjualan barang semacam ini juga jauh lebih banyak ketimbang produk lain. Lebih baik pilih produk jualan yang memang Anda sukai dan kuasai. Ini juga merupakan cara jualan online agar laris yang cukup penting.

2. Membuat Foto Produk

Perbedaan jualan secara online dengan offline adalah tidak bisa konsumen menyentuh atau mencoba barang yang diminati. Karena itu cara jualan online agar cepat laku juga harus menyiapkan foto produk yang detail dan menarik.

Hindari foto yang dibuat dengan HP seadanya. Sebaliknya, foto yang menarik bisa menjadi setengah jalan dalam menarik minat calon pembeli. Bikin juga foto produk dari beberapa sisi agar konsumen bisa melihatnya dengan jelas.

3. Membuat Deskripsi Produk

Cara jualan online agar cepat laku yang juga harus diperhatikan adalah mempersiapkan deskripsi produk yang menarik. Keterbatasan komunikasi antara penjual dan pembeli akan mendorong calon konsumen memperhatikan deskripsi produk yang ada.

Namun untuk membuat deskripsi yang element sebaiknya hindari melakukan kopi paste dari lapak atau toko online lainnya. Selain bisa menurunkan kepercayaan konsumen terhadap lapak Anda, cara ini juga bisa dianggap plagiarisme yang tidak disukai Google. Terlebih jika Anda berjualan melalui online shop.

4.Melakukan Promosi

Cara jualan online agar cepat laku selanjutnya yang juga harus dilakukan adalah melakukan promosi. Promosi yang gencar merupakan cara jualan online agar laris manis. Anda bisa memanfaatkan sosial media, seperti Facebook dan Instagram untuk mempromosikan produk jualan Anda.

Bikin akun media sosial dengan nama yang sama dengan toko online atau lapak Anda agar mudah dikenali. Anda juga perlu masuk dalam berbagai grup yang ada di Facebook sesuai jenis produk Anda. Khusus untuk Instagram, bikin update produk terbaru dengan gambar yang lebih memikat.

Jika Anda memiliki modal yang lebih, Anda bisa memasang iklan di Google advertisements, Facebook adverts, ataupun di Instagram. Namun karena berbayar sebaiknya pelajari cara jualan online agar cepat laku dengan beriklan yang efektif agar tidak menghabiskan modal tanpa hasil.

5. Layanan yang Responsif

Salah satu kunci sukses cara jualan online agar laris manis adalah dengan memperhatikan pelayanan yang diberikan. Biasanya akan banyak calon pembeli yang sering bertanya melalui nomor Whatsapp Anda ataupun melalui chat di lapak. Segera jawab tanpa perlu menundanya. Jaga juga reputasi Anda tanpa membuat pelanggan kecewa.

Itulah beberapa trik praktis cara jualan online agar cepat laku yang akan membuat sukses bisnis Anda. Lakukan semua langkah di atas secara optimal. Setelah itu konsistensi dan daya tahan dalam menjalankan bisnis sambil melakukan evaluasi jika jualan naik turun. Semoga bermanfaat ya dan terus belajar digital marketing.