July 28, 2021

Referensience

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

5 Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula!

3 min read

Teknologi digital memberikan banyak sekali kemudahan dalam bertransaksi jual beli. Yang tadinya kalau membutuhkan sesuatu, kita diharuskan pergi keluar untuk melihat langsung barang yang ingin kita beli dan transaksi terjadi secara langsung. Namun saat ini, semua orang rasanya lebih menyukai melakukan transaksi online. Karena caranya yang mudah dan kita cukup duduk manis karena barang pesanan akan di antar langsung sampai ke depan rumah.

Kemudahan berbelanja online ini banyak sekali manfaatnya. Apalagi pada masa pandemi saat ini, semua orang melakukan kegiatan dari rumah. Sehingga banyak orang yang lebih tertarik untuk belanja online. Namun, diperlukan juga kontrol diri agar kita tidak asal berbelanja dan malah menjadi konsumtif ya!

Kebiasaan berbelanja online ini sudah saya lakukan sejak duduk di bangku sekolah. Namun bukannya konsumtif, dengan belanja online saya malah menemukan inspirasi untuk mendapatkan pemasukan. Dan lagi karena kebiasaan belanja online, sampai pada akhirnya saya memutuskan untuk membuka usaha bisnis online tanpa modal uang, hanya dengan handphone saja.

Sampai saat ini, banyak sekali orang yang ingin memulai bisnis online, namun tidak tau bagaimana cara memulainya. Nah buat yang ingin tau bagimana sih caranya memulai bisnis online? Berikut 5 tips memulai bisnis online khususnya untuk para pemula.

1. Mencari Supplier yang Tepercaya

Apabila kita belum mampu untuk memproduksi suatu barang karena terkendali modal, kita bisa memulai usaha dengan menjadi seorang reseller atau menjual kembali barang yang dijual oleh orang lain. Dengan menjadi seorang reseller, kita tidak perlu mengeluarkan modal untuk inventory barang. Karena kita bisa menjual produk hanya dengan sebuah gambar atau foto katalog toko tersebut. Kita cukup membeli barang sesuai dengan pesanan saja. Hasil keuntungannya, bisa disimpan untuk modal lainnya.

Tapi pertanyaannya, bagaimana cara mencari supplier yang tepercaya? Sebelum memulai usaha, saya sempat menjadi seorang pembeli di beberapa toko. Dan apabila ada beberapa toko yang menurut saya pelayanannya oke, quick reply dan juga barang sesuai dengan gambar. Biasanya saya baru mau menjualkan lagi barang yang ada di toko tersebut. Sehingga pada saat kita menjual kembali produk atau barang tersebut, konsumen kita tidak akan kecewa dengan barang yang kita tawarkan.

2. Promosikan Barang Dagangan Kamu

Nah apabila kita berjualan, jangan malu ya untuk terus mempromosikan barang dagangan kita. Karena dengan promosi inilah yang akan membuat goal pasar kita menjadi lebih luas dan orang lain pun jadi sadar akan keberadaan bisnis kamu. Mulailah promosi gratis melalui media sosial pribadi. Apabila hasil keuntungan yang kita dapatkan memungkinkan untuk melakukan promosi melalui iklan, jangan lupa di coba juga ya. Ini demi perkembangan bisnis kamu untuk kedepannya.

3. Melakukan Survei

Penting gak sih sebenarnya untuk pelaku usaha kecil untuk melakukan survei? Jawabannya perlu. Survei ini bisa kita lakukan dengan melihat perkembangan development yang sedang ramai. Dengan melakukan survei, kita bisa tau bagaimana perkembangan bisnis kita dan juga bisnis pesaing kita. Kita juga bisa menyesuaikan strategi baru untuk memasarkan produk kita agar lebih dikenal lagi.

4. ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)

Belajar dari pengalaman saya yang lalu. Jadi hijab instant sempat menjadi development dan sangat ramai dipasaran. Harga yang ditawarkan pun bervariasi. Setelah melakukan survei dengan membeli beberapa sampel hijab, saya mulai memeriksa satu persatu. Dari jahitannya, dari bahannya, hingga mannequin hijabnya. Setelah itu, barulah saya bisa memulai membuat hijab immediate sesuai dengan apa yang saya inginkan. Dengan jahitan yang rapih, bahan sesuai dengan apa yang saya inginkan dan model hijab yang tidak kalah menarik.

Dari ATM ini lah akhirnya saya bisa menjual produk saya dengan harga yang terjangkau dan tentunya dengan kualitas hijab yang bagus seperti yang ada dipasaran. Inovasi seperti inilah yang diperlukan saat memulai bisnis, baik online mupun online.

5. Bergabung dengan Komunitas

Nah poin ke-5 ini tidak kalah penting. Karena dengan gabung komunitas, kita mendapat tempat belajar dan juga berbagi mengenai bisnis masing-masing. Siapa tau akan ada banyak perception yang kita dapatkan dari bergabung dengan komunitas. Bisnismuda adalah salah satu komunitas yang dapat di ikuti oleh berbagai macam kalangan. Baik pelajar, investor pemula/ professional, penasihat/ praktisi keuangan dan masih banyak lainnya. Pastinya kita bisa mendapatkan ilmu baru dari mengikuti komunitas di Bisnismuda.

Jadi 5 ideas di atas bisa kalian terapkan apabila kalian ingin memulai usaha online. Usaha ini bisa banget dilakukan oleh banyak orang, termasuk anak muda yang masih pada usia produktif dan mencari tambahan uang jajan serta tabungan untuk masa depan. Jadi tunggu apalagi? Selamat mencoba!

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.