5 Tips Jualan Online Di Tengah Pandemi Covid

Jualan online bisa jadi cara jitu meraup cuan di tengah pandemi Covid-19. Tanpa perlu bertatap muka, keselamatan pembeli dan penjual pun jadi lebih terjaga.

Selain itu, modal yang dibutuhkan buat jualan online lebih terjangkau daripada berjualan secara konvensional. Sebab, kamu gak perlu menyiapkan dana sewa tempat, serta biaya lain jika menggunakan toko fisik.

Namun, gak bisa dipungkiri kalau di tengah pandemi seperti sekarang, mereka yang terjun ke bisnis online pun gak sedikit jumlahnya. Artinya, kamu harus punya strategi yang tepat biar gak kalah saing, Sis.

Oleh sebab itu, Gita bagikan lima suggestions sukses jualan online yang perlu dicoba. Simak yuk!

1. Manfaatkan media sosial untuk riset kebutuhan pasar

Sebelum mulai berjualan, kamu tentu harus tahu produk yang ingin dipasarkan dong. Nah, menentukan produk ini gak bisa sembarangan, Sis.
Kamu harus mengetahui kebutuhan pasar biar tidak salah sasaran. Untuk itu, kamu bisa banget loh memanfaatkan media sosial.

Misalnya, bikin survei kecil-kecilan pakai fitur polling di Instastory atau pakai fitur “Ask Me a Question” untuk mendapatkan jawaban terbuka.

Selain sebagai alat riset, kamu pun jadi bisa berinteraksi secara langsung dengan calon pelanggan, Sis.

2. Hitung modal dan biaya operasional dengan cermat

Semua bisnis pasti butuh modal. Sekalipun hanya bermodal kuota Internet. Tapi yang jelas, penting untuk melakukan perhitungan modal secara cermat sebelum memulai usaha.

Idealnya, kamu sudah membuat perkiraan modal untuk jumlah stok produk atau goal penjualan per bulan. Dengan begitu, kamu bakal tahu berapa keuntungan bersih yang didapatkan.

Selain itu, jangan lupa pisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis agar mudah menganalisa arus kas keduanya.

3. Pastikan foto produk bagus dan menarik

Salah satu kunci dari pemasaran online adalah tampilan produk yang menarik. Apalagi, kalau pemasaran dilakukan melalui media sosial dengan konten visible, seperti Instagram.

Foto produk yang menarik dapat memikat calon konsumen sekaligus sebagai strategi branding jangka panjang. Tapi, gimana kalau kita gak punya talent fotografi yang mumpuni?

Saat ini sudah banyak kok jasa fotografer produk yang bisa kamu gunakan. Tapi, kalau bujet kamu terbatas, gak ada cara selain belajar sendiri!

Ada banyak tips dan trik fotografi buat pemula yang bisa ditemukan di Internet. Sebagai contoh, kamu bisa memanfaatkan cahaya alami atau matahari untuk mendapatkan hasil foto yang lebih ciamik atau kamu juga bisa terapkan teknik foto flat lay untuk tampilan yang clean dan cantik.

4. Pasang iklan di media sosial? Why not!

Sis, tahu gak kalau lebih dari setengah penduduk Indonesia adalah pengguna aktif media sosial? Dilansir dari Kompas, rata-rata orang Indonesia menggunakan media sosial hingga lebih dari tiga jam per hari.

Angka ini mungkin jauh lebih tinggi kala pandemi seperti sekarang. Artinya, peluang untuk memasarkan produk atau usaha yang kamu punya melalui media sosial makin terbuka lebar.

Kamu bisa memilih Instagram Ads, YouTube Ads, Facebook Ads, sampai Twitter Ads. Tentunya, kamu harus tahu kira-kira platform media sosial apa yang paling digemari goal pelanggan potensial kamu.

5. Jadilah penjual yang responsif dan informatif

Jika bisnis sudah berjalan, jangan lupa berikan pelayanan yang baik agar pelanggan tak berpaling. Salah satu kebutuhan pelanggan adalah mendapatkan informasi yang lengkap dari penjual.

Oleh sebab itu, sebagai penjual kamu pun harus bisa berperan layaknya customer support yang baik. Jadilah penjual yang ramah, responsif, dan informatif. Dengan begitu, pembeli dapat menjadi pelanggan setia.
Terakhir, kamu bisa belanja kebutuhan usaha secara online di berbagai ecommerce pilihan melalui aplikasi GetPlus.

Selain praktis, belanja melalui aplikasi GetPlus juga lebih hemat dan untung. Soalnya, setiap transaksi yang dilakukan akan mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan berbagai rewards menarik.

Selamat mencoba ya, Sis!