5 Tips Jual Barang Bekas Secara Online Agar Cepat Laku

Menjual barang bekas secara online bisa dibilang susah-susah gampang. Mengingat saat ini banyak sekali orang-orang yang menjual barang bekas dengan berbagai macam jenis secara online, maka persaingan yang ada di toko online sangatlah ketat.

Belum lagi pengetahuan pembeli mengenai harga barang dan info produk membuat Anda tidak bisa menaikkan harga secara semena-mena.

Untuk itu, demi membuat barang bekas Anda laku saat dijual di toko online ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Apa saja sih?

Berikut 5 ideas menjual barang bekas secara online agar cepat laku seperti dikutip CekAja.com.

Cek kondisi barang terlebih dahulu

Saat Anda ingin menjual barang bekas secara online, pastikan bahwa barang yang ingin Anda jual tersebut kondisinya masih bagus atau setidaknya layak pakai. Karena apabila Anda menjual barang dengan kondisi yang cacat, buruk atau bahkan tidak bisa digunakan maka jarang orang yang ingin membelinya. Mau bisnis gak punya modal? Ajukan KTA terbaik di sini

Posting foto semenarik mungkin

Gambar atau foto dari barang yang Anda jual adalah senjata utama Anda dalam memasarkan barang secara online. Berhubung pernjualan dilakukan lewat dunia maya secara digital, maka konsumen atau calon pembeli Anda tidak bisa mengetahui kondisi fisik barang dengan jelas.

Disitulah kegunaan foto atau gambar barang yang Anda posting, berikan beberapa buah foto yang diambil dari beberapa angle secara menarik demi menarik minat pembeli. Kalau bisa gunakan kamera beresolusi tinggi sehingga menghasilkan kualitas gambar yang bagus dan enak dilihat oleh pembeli.

Berikan harga yang sesuai

Menjual barang bekas tentunya tidak bisa dengan harga yang sama atau lebih mahal daripada barang baru kecuali barang bekas tersebut ditandatangani atau pernah dimiliki oleh orang-orang penting seperti artis, presiden negara dan sebagainya.

Maka dari itu berikanlah harga yang amsuk akal dan sesuai dengan kondisi pasar yang ada, jangan menjual barang Anda dengan harga yang terlampau tinggi karena akan membuat Anda sulit mendapatkan pembeli. (Baca juga: Modal 4 Juta Mahasiswa Ini Punya Bisnis dengan Omset Puluhan Juta)

Deskripsikan barang dengan jujur

Ketika Anda menjual barang secara online maka Anda harus memberikan deskripsikan barang Anda. Disitulah penilaian Anda sebagai seller akan diuji, maka dari itu sebaiknya Anda memberikan deskripsi barang sesuai dengan kondisi yang ada.

Beritahukan kepada para calon pembeli mengenai kondisi barang secara detil mulai dari kelebihan dan kekurangannya agar Anda tidak dituduh menipu karena menjual barang yang tidak sesuai dengan apa yang dideskripsikan.

Sebaiknya gunakan rekening bersama

Saat ini sudah banyak toko online yang menyediakan fasilitas rekening bersama, hal ini akan membantu Anda dan pembeli barang yang Anda jual untuk mendapatkan rasa aman dan nyaman dalam melakukan transaksi.

Namun, apabila pembeli meminta untuk melakukan transaksi secara COD atau ketemuan sebaiknya Anda melakukan pertemuan di tempat yang ramai dan yang Anda ketahui secara pasti demi keamanan Anda sendiri.