5 Tips Agar Tak Tertipu Saat Beli Tanaman Hias Aglaonema

Sekarang ini kita bisa menemukan tanaman hias aglaonema dengan mudah. Mulai dari toko offline hingga online.

Namun, tidak semua toko tanaman hias bisa dipercaya, Bunda. Bukan tidak mungkin ada yang menipu pembeli dengan memberikan harga begitu mahal.

Nah, Bunda perlu berhati-hati, jangan sampai tertipu dengan penjual tanaman hias nakal seperti itu. Supaya tidak tertipu, ada beberapa hal yang perlu Bunda lakukan.

Dirangkum dari berbagai sumber, ini 5 tips agar tak tertipu saat belitanaman hiasaglaonema:

1. Lihat tanggal postingan

Banyak orang yang tertipu karena tidak teliti sebelum membeli. Ada beberapa pembeli yang tertipu saat beli tanaman hias aglaonema karena tidak melihat tanggal postingan si penjual.

Di grup Facebook Komunitas Aglaonema Seluruh Indonesia, seseorang membagikan cerita tentang kasus ini, Bunda. Ia mengunggah tangkapan layar akun penjual yang mengunggah foto tanaman hias aglaonema pada Juni 2019 lalu.

Namun, ada saja orang-orang yang menanyakan apakah tanaman hias tersebut masih ada. Padahal, harga dan kondisinya sekarang bisa saja berbeda lho.

“Gimana gak pada ketipu, ada postingan th 2019 dan diliatnya gambar bagus + harga murah masih minat dan ditanya. Astaghfirulloh netijen netijen, pantes tiap hari ada yang kena tipu,” tulis netizen tersebut.
“Ngak teliti dalam membaca setiap postingan, udah jelas itu thn 2019 ,masih aja ditanya harga dsb,” komentar yang lain.

2. Perhatikan jumlah daun dan jenis aglaonema

Kasus lainnya, ada seorang netizen yang ditawari tanaman hias aglaonemajenis red anja. Jumlah daunnya ada 8 dan orang itu menawarkan dengan harga Rp500 ribu.
Namun, anggota grup yang lain menganggap harga tanaman hiasnya itu terlalu mahal. Mereka memberi tahu kalau harga seharusnya tidak mencapai Rp500 ribu.

“Walaupun harga sdh naik 2x lipat,daun 8 g segitu jg harga x say,” kata seorang netizen.
“klu 500 mah kemahalan,bun,” ujar yang lain.

Tapi, ada juga yang menganggap harga Rp500 ribu untuk aglaonema yang memiliki 8 daun sudah standar. Jadi, ketika membeli aglaonema, Bunda perlu memerhatikan jenis dan jumlah daunnya.

3. Tanya kepada yang lebih ahli

Bertanya kepada yang lebih ahli merupakan salah satu cara paling tepat nih. Ketika akan membeli tanaman hias aglaonema, Bunda harus bertanya kepada teman atau keluarga yang lebih mengerti.

Tanyakan kepada orang yang lebih ahli, apakah harga tersebut wajar untuk tanaman hias aglaonema jenis ini. Jangan lupa juga untuk mencari tahu penjelasan tentang kondisi tanamannya ya, Bunda.

4. Cek reputasi toko

Sama sepertibelanja online barang lainnya, Bunda juga perlu mengecek reputasi toko. Cari tahu apakah toko online ini dapat dipercaya.

Caranya adalah melihat komentar evaluation dari orang-orang yang pernah membeli di toko online tersebut. Lihat-lihat juga koleksi tanaman hias yang ada di toko online.

Perlu diingat, jangan tergiur dengan harga yang sangat murah dan tidak regular ya. Bandingkan dulu harga tanaman hias aglaonema dari satu toko dengan toko lainnya.

5. Banyak cari tahu tentang aglaonema

Jangan sampai Bunda menjadi pembeli tanaman hias aglaonema yang tidak tahu apa-apa. Bekali dulu diri Bunda dengan pengetahuan tentang tanaman hias aglaonema.

Pengetahuan tentang tanaman hias aglaonema mencakup jenis, harga, hingga perawatannya. Jadi, Bunda tidak akan tertipu dengan penjual yang nakal.